18 of 365: Back to Blogger

I'm a Blogger Muslimah (Sumber: saaqinah.blogspot.com)

I’m a Blogger Muslimah (Sumber: saaqinah.blogspot.com)

Pada awalnya menjadi seorang blogger, sebenarnya bukan menjadi keinginan tersendiri. Ini semua bermula dari permintaan salah satu dosen agar semua mahasiswanya membuat blog untuk mengikut ajang lomba menulis dengan tema “e-learning”. Akhirnya, pada saat itu tahun 2008, aku pun membuat blog menggunakan WordPress dan dengan beralamatkan namaku ini.

Namun sejujurnya, hobi dalam menulis itu telah aku miliki sebelum kuliah. Semasa sekolah aku punya diary, binder, dan sebagainya yang biasa aku gunakan untuk menulis. Tetapi, aku tidak berbakat dalam menulis fiksi. Aku hanya sering menulis keseharianku atau artikel yang memuat argumenku. Terkadang jika sedang mood, aku juga menulis puisi.

Lambat laun aku merasa bahwa blog menjadi penting untuk sarana dalam menyalurkan hobiku ini. Akupun semakin intens untuk belajar ngeblog. Diskusi dengan teman-teman kampus yang lebih berpengalaman dengan blog. Waktu itu, media sosial yang terkenal adalah Friendster. Hanya saja, bagiku blog lebih baik dalam menyampaikan tulisan daripada media sosial tersebut.

Jika melihat blogroll yang tertera di blogku, masih banyak link lama yang nongkrong di sana. Saya pun tidak tahu apakah link tersebut masih aktif atau tidak. Sampai sekarang aku masih membiarkan blogroll itu tersimpan karena menjadi salah satu bagian kenangan perjalanan blog ini. Seringkali aku menambahkan link saat ada komentar masuk dari blogger yang baru berkunjung. Jadi memang blogroll-ku cukup panjang😀

Selama memiliki blog, aku sudah dua kali ini meninggalkannya cukup lama. Yang pertama, aku rehat dari blog mulai Januari-Agustus 2010 dan yang terakhir Juni 2013-Desember 2014. Mungkin seperti kebanyakan yang terjadi pada orang lain, ada kalanya malas menulis atau belum ada materi bagus yang bisa diceritakan di blog. Pun media sosial sekarang yang sudah bermacam-macam bentuknya, membuat orang banyak meninggalkan blog.

Aku pun juga sempat meninggalkan blog karena cukup terlena dengan media sosial seperti Facebook. Sempat bertahun-tahun menjadi Facebooker kemudian mencoba Twitter. Namun, pada akhirnya aku merasa segala macam media sosial tidak bisa menggantikan keasyikan blogging. Aku merasa lebih bebas dalam mengekspresikan tulisan dan mengatur model rumah maya sendiri.

Oleh karena itu, tahun 2015 ini aku putuskan untuk kembali blogging, sebagai aktivitas pelengkapku. Mudah-mudahan ke depannya bisa istiqomah dalam berbagi di blog ini dan tidak meninggalkannya lagi seperti sebelumnya, hehehe… ^_^

Jakarta yang senja,

Pipit🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s