20 of 365: Celebrities Hijrah

Jangan hina permulaan seseorang karena kita tidak tahu bagaimana pengakhirannya.

Jangan hina permulaan seseorang karena kita tidak tahu bagaimana pengakhirannya.

“Jangan hina permulaan seseorang karena kita tidak tahu bagaimana pengakhirannya.”

Beberapa hari lalu aku mendapatkan kiriman tausiah ini. Sangat menyentuh sekali. Di tulisan ini pun aku ingin bercerita tentang berita yang aku ikuti akhir-akhir ini.

Banyak kabar yang aku peroleh tentang para selebriti yang berhijrah. Ada yang sudah lama berhijrah tetapi aku baru tahu, ada pula yang baru saja berhijrah. Betapa senangnya mendengar kabar-kabar baik ini. Islam telah banyak mewarnai kehidupan mereka.

Hijrah adalah proses menjadi lebih baik. Tentunya lebih baik dari sudut pandang agama Islam. Karena merupakan sebuah proses, maka waktu seseorang untuk berhijrah berbeda-beda. Ada yang cepat, ada juga yang butuh waktu bertahun-tahun. Bagiku, itulah hidup dan hijrah adalah bagian dari proses dalam hidup.

Para selebriti merupakan orang yang banyak dikenal sehingga banyak perhatian tertuju pada mereka. Bahkan setiap jejak kehidupan mereka terekam dimana-mana. Dokumentasi perjalanan hidup mereka pun banyak yang memiliki. Oleh karena itu, ketika mereka berhijrah, tentunya menjadi sebuah berita yang menyedot khalayak ramai. Banyak yang memberi dukungan tetapi tidak sedikit pula yang mencibir.

Hijrah adalah sebuah konsekuensi atas pilihan jalan hidup. Di balik proses berhijrah, tentunya mereka memiliki keberanian untuk memilih mana jalan hidup yang Allah ridhai. Di kehidupan sebelumnya yang mungkin jauh dari ibadah pada Allah dan miskin ilmu yang mendasarinya, setelah hijrah, setiap kegiatan diniatkan untuk beribadah pada-Nya. Berusaha untuk terus menambah ilmu dan mengamalkannya. Dan juga berani menolak pekerjaan yang mengharuskan mengurangi nilai-nilai Islam yang telah diyakini.

Para selebriti yang berhijrah tidak takut akan rezeki yang berkurang. Mereka yakin bahwa Allah yang mengatur segalanya termasuk rezeki yang mereka peroleh. Rezeki tak melulu soal harta atau materi. Rezeki yang lebih bermakna adalah kebahagiaan, ketenteraman jiwa, dan kenikmatan beribadah dalam hidup. Mereka berusaha untuk mencari rezeki dari jalan yang halal agar apa yang diperoleh diberkahi Allah.

Mulai dari yang masih membuka aurat, kini telah berhijab. Mulai dari yang berpakaian ala kadarnya, kini lebih syar’i dan sopan. Mulai dari yang berfoya-foya, kini memperbanyak sedekah. Mulai dari yang pergaulannya bebas, kini lebih menjaga. Mulai dari yang menyia-nyiakan waktu, kini mengisi waktu dengan banyak belajar Islam.

Mereka sadar bahwa mereka berada di dunia yang tak sepi. Mereka di tengah dunia yang penuh glamour dan kemewahan. Namun, mereka berusaha menampilkan nilai yang berbeda. Mereka berusaha mensiarkan kebaikan dan kesederhanaan. Mereka berusaha mengungkapkan bahwa “Aku bangga menjadi seorang Muslim”.

Ah…hanya Allah yang tahu niat dan usaha mereka. Tak berhaklah satu manusiapun menghakiminya.

Untukku yang seorang pribadi biasa, biarkanlah ini semua menjadi pelajaran untuk kehidupanku. Aku tidak tahu akhir dari kehidupanku dan kehidupan orang lain sehingga jangan menilai seseorang dari keadaannya sekarang atau masa lalu. Karena itu, berdoa untuk diberikan khusnul khotimah menjadi doa yang tak boleh lupa untuk senantiasa diucapkan.

Semoga kita semua istiqomah dijalan-Mu ya Allah…menjadi penghuni surga-Mu, dan bersama Rasulullah bisa merasakan nikmatnya air di telaga Kautsar-Mu…Aamiin…

(Tulisan ini aku dedikasikan untuk artis-artis yang telah berhijrah: Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar, Dude Harlino dan Alyssa Soebandono, Dewi Sandra, Melly Goeslaw, Lyra Virna, Nuri Maulida, Yulia Rachman, Laudya Cynthia Bella, dan semua selebriti yang berhijrah.)

Jakarta dengan penuh syukur,

Pipit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s