8 of 365: If You Fail To Plan, You Plan To Fail

If you fail to plan, you plan to fail (Sumber: asianaclub.wordpress.com)

If you fail to plan, you plan to fail (Sumber: asianaclub.wordpress.com)

Kurang lebih begitulah salah satu quote yang aku ingat dari mengikuti pelatihan MHMMD beberapa tahun lalu. Dari situ aku semakin memahami arti dari sebuah perencanaan. Bahwa memang benar, jika kita gagal berencana, maka kita akan berencana untuk gagal.

Hari ini, separuh jam kerja diisi dengan rapat internal pusat yang membahas kurang lebih evaluasi tahun 2014 dan rencana tahun 2015. Evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi capaian kinerja, penyerapan anggaran, serta presensi pegawai. Sedangkam rencana 2015 membahas tentang RAB atau Rancangan Anggaran Belanja.

Setiap evaluasi pasti didahului dengan sebuah perencanaan. Matang tidaknya suatu rencana berpengaruh terhadap keberhasilan suatu target. Proses evaluasi akan membandingkan target awal dengan target yang dicapai. Laporan evaluasinya pun dibagi menjadi empat triwulan sehingga jelas progress yang terjadi.

Bagi saya, setiap proses evaluasi akan menyimpan suka dan duka terutama evaluasi akhir. Mungkin saja, ada suatu target yang berhasil mencapai target secara kuantitas, tapi kualitasnya menurun dari sebelumnya. Dan sebaliknya, target kuantitas belum tercapai tetapi kualitas yang dirasakan pihak yang terkait dengan target tersebut merasakan adanya peningkatan atau perbaikan.

Ahhh…, ini sama saja dengan kalimat bijak yang terinspirasi dari ayat Alquran: baik bagi manusia, belum tentu baik bagi Allah dan buruk bagi manusia bisa jadi baik bagi Allah.

Aku berharap semoga rencana-rencana yang sudah disusun di tempat kerja dapat terlaksana dengan baik. Pun juga rencana-rencana dalam hidupku🙂

Marilah kita menyusun rencana-rencana hidup, dan dibarengi usaha kita untuk mencapainya, biarkanlah Allah menjalankan skenarionya yang lebih indah dari rencana-rencana kita. Teringat sebuah hadits bahwa hanyalah doa yang bisa mengubah takdir🙂

Wallahu’alam bishawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s