7 of 365: My first rice porridge :-)

Tulisan ini seharusnya aku buat semalam, akan tetapi aku ketiduran dikarenakan makan banyakšŸ˜¦

Jadi ceritanya semalam aku mencoba membuat bubur ayam. Ide ini tercetus akibat biaya kost yang naik kemudian aku termasuk rajin sabu alias sarapan bubur ketika sampai di kantor. Berhubung di kost disediakan nasi dan aku jarang memberdayakannya sehingga aku pun berencana membuat bubur yang bisa aku bawa tiap pagi, apalagi harga kost naik, sangat berharap ini bisa dijadikan tameng untuk hematšŸ˜€

Pulang kantor kemarin menyempatkan belanja bahan-bahan ala kadarnya di toko, kemudin sampai di kost dan setelah melakukan beberapa aktivitas, akupun mencari resep-resep sederhana. Banyak bahan-bahan yang akuĀ convertĀ lebih sederhana, misal kuah kuning pada bubur aku buat dari kuah menggunakan bumbu soto instan, ayam suwir aku ganti dengan sosis ayam, dan tentu saja beras yang aku ganti dengan nasi, hehehe.

Berbekal itulah aku mulai bereksperimen. Mula-Mula membuat kuahnya dulu menggunakan bumbu soto ditambah garam dan merica bubuk. Setelah dipastikan enak, aku memasukkan nasi. Aku pun sadar bahwa kuah yang aku buat banyak sehingga ukuran nasi pun jadi banyak.

Memasak bubur memang membutuhkan kesabaran, karena sesekali bubur harus diaduk. Jangan sampai hangus di bagian bawah. Sekitar 15 menit kuah pun mulai mengental, aku aduk terus hingga terasa pas kekentalannya.

Penyajian pun dimulai. Bubur aku letakkan di mangkok berbentuk kotak kemudian aku taburkan bawang goreng, bubuk cabe dan kecap manis secukupnya. Kebetulan juga ada stick kentang pengganti kerupuk.

Alhamdulillah rasanya mantap dan sekali. Jadilah aku ketiduran karena harus menghabiskan bubur ini, hehehe..Sayangnya tidak aku foto hasilnya. Walaupun katanya “no picture is hoax”, tapi aku beneran lho buatnya, percaya deh ^^v

 

Jakarta pagi dengan bergegas,

Pipit

Leave a Reply

