Bagaimana Kenanganmu dengan Forkalam?

Pertanyaan yang cukup membuatku tersenyum saat dilontarkan pertanyaan seperti judul di atas saat acara Sarasehan Forkalam (26 Desember 2010), pasca PILAR 2 kemarin. Dalam hati ku berkata, “Wah, sudah alumni ya aku..tak terasa, padahal masih berasa baru PILAR kemarin”, ku akhiri pembicaraan dengan diriku sendiri dengan senyuman untuk adik-adik akhwat generasi penerus FORKALAM yang duduk di depanku. Kutatap satu per satu, “Ya Rabb, inilah mereka pengganti generasi dakwah di MIPA, inilah mereka orang yang siap menyeru kebaikan untuk MIPA Madani”, ucapan ini hanya antara aku dan diriku…

Saat gilirannya akhwat yang menjawab, pasca Al Akh, alumni Forkalam 2003 menceritakan pengalamannya, tibalah giliranku untuk menyampaikan pengalaman2ku dengan FORKALAM. Otak ini bagai search engine, merefleksikan kembali segala memori tentang FORKALAM, “hmm..FORKALAM, FORKALAM, 2007, 2008, 2009…”, sip, search result, akhirnya ketemu juga. Aku pun mulai menceritakan hal-hal mulai dari kenapa aku ingin masuk di FORKALAM, apa-apa yang ku dapat di FORKALAM.

Keinginan untuk masuk rohis itu sudah ada sejak masuk UB, karena memang pernah merasakan indahnya rohis saat masa SMA, walaupun tidak full karena lebih fokus di PMR. Melihat perbedaan yang cukup menarik antara rohis SMA dan Kampus, aku pun semakin tertarik, terlebih pasca melihat dan mendengar presentasi Ketum Forkalam 2007 saat itu yang presentasi di depan Mahasiswa baru Ilmu Komputer 2007. Semangat yang menggelora, penuh ruh, slide yang menarik perhatian, membuatku semakin tak sabar lagi untuk bergabung di FORKALAM.

Rasa simpatiku dengan FORKALAM pun semakin meningkat, saat selembar undangan yang dibalut cover cantik dan penuh kata-kata motivasi yang bermakna, mengajakku untuk ikut bergabung ke FORKALAM, dan menghadiri acara PILAR 1. Undangan itu diberikan saat istirahat acara Kridha Mahasiswa (Krima). Kostum Putih-putih, almamater, penuh kelelahan..

“Teruntuk Saudariku : PUTRI IRVANNA (Ilmu Komputer 2007)”

Begitulah kurang lebih tulisan di cover amplopnya. Sebagai Maba, hatiku cukup senang, bagaikan orang penting, namaku ditulis khusus di amplop yang cantik itu. Dan ku tersenyum, beberapa orang saja yang terpilih untuk diundang dari teman2 ilkom 2007..sempat GeeR juga, he..

Alhamdulillah, ku sempat merasakan Mabit pertama kali dalam acara rangkaian PILAR, bertemu saudara-saudara baru, acara-acara baru, dan refresh ruhiyah yang membuat jiwaku terasa baru… (jadi kangen sama akhwat-akhwat FORKALAM 2004 dan 2005..). Saat itu, ditanya pengen masuk di bagian mana dalam kepengurusan FORKALAM. Dasar Pipit yang orangnya tak tahu basa basi (hehe..), dengan yakin ku menjawab, “Biro Kaderisasi”. Teringat, ada 1 akhwat senior yang cukup kaget dengan keyakinan jawabanku itu. “Oh, kenapa dek milih BK?”, “Hmm, mungkin karena saya dulu SMP ikut OSIS bidang Kepemimpinan mbak, terus saya orangnya suka manajemen, jadi pengen belajar bagaimana manajemen orang lain”, kurang lebih begitulah alasanku…

Kemudian, aku pun mengikuti acara PILAR 1 di Telekung, Gua Jepang. Bermodal semangat, akhirnya aku meraih gelar “Akhwat Terdisiplin”, wah..senangnya, ini prestasi pertamaku di FORKALAM, apalagi ada sertifikatnya..hehe..Resmi menjadi AA (Anggota Aktif) 1.

Pasca PILAR 1, diumumkanlah tak lama, struktur kepengurusan. Horeee…aku masuk BK, hehe..minimal tidak meleset pilihanku. Ah, senangnya. Masih ingat banget, syuro perdana BK, dipimpin oleh Akhina Mahatir dan di akhwat, Ukhti Siwi, aku, Ukhti Eka, Ukhti Wilda, Akh Rijal, dan lainnya (maaf, hanya ini yang teringat), mendengarkan dengan seksama tentang apa sih itu BK, kerjaannya, capaian dan targetnya, bla…bla..bla..Aku juga masih ingat, slide yang ditampilkan saat itu saat syuro, bagus dan sangat menarik. Dan kepanitiaan pertama yang kuikuti adalah menjadi panitia Silaturahim Kader FORKALAM dan menjadi PJ Acara. Saat hari H, aku juga jadi MC, fiuh..walaupun sempat menolak dan grogi, Alhamdulillah berjalan dengan baik. Oh ya, waktu itu tukeran kado dan aku mendapat kado dari Mbak Ika Biologi 2004, kadonya kalo gak salah buku note gitu. (afwan ya mbak kalo salah)..

Sejak itu, aku yang awalnya jadi Maba SO like KuPu2 (Kuliah Pulang Kuliah Pulang), berubah jadi KuRa2 (Kuliah Rapat Kuliah Rapat), eh, tapi belum segitunya kok, cuma istilah saja saat itu, he..

Hanya kurang lebih kalo gak salah 6 bulan di BK, kemudian ada Muktamar Forkalam untuk pergantian pengurus. Ya, pastinya tidak mau kehilangan momen inilah. Seingatku, acara ini diadakan di GS lantai 3, kalo gak salah. Dasar Pipit yang memang bawaannya cerewet dan gak mau kalah, aku pun jadi salah satu peserta yang aktif dalam Muktamar saat itu. Beberapa hal di muktamar sudah pernah ku alami di SMA. Alhasil, ku dapat ilmu baru lagi dari Muktamar.

Alhamdulillah wa inna lillah, saat itu terpilih akhina Edy Purnama sebagai ketum menggantikan akhina Toni Tegar Sahidi. Masih teringat banget prosesi pergantian itu…so sweet, sepertinya tongkat estafet yang akan diserahkan akh Sahid ke akh Edy cukup berat untuk diterima..

Kepemimpinan baru pun ku alami di FORKALAM, so, amanah baru pun juga ku terima. Gak lagi di BK memang, tapi di Departemen Sains, departemen yang baru berdiri menggantikan LSO ISC (Islamic Student Club, kalo gak salah ini singkatannya). Cukup senang menjadi angkatan pertama dalam Sains, tapi cukup sulit karena refernsi dakwahnya masih kurang. Referensi dari ISC belum mencukupi sepenuhnya, karena departemen dituntut lebih banyak kerjaannya dari pada LSO. Masih ingat pula bagaimana syuro perdana di Departemen Sains yang dipimpin akhina Mirza, dan di akhwatnya, Ukhti Yenny, aku, ukhti Nisa, , dan akh Shobirin, akh Aziz, dll (maaf cuma ini yang aku ingat namanya) juga mendengar dengan seksama bagaimana kerja2 Sains, berdiskusi dan memberikan masukan2 buat sains ke depan. Akhirnya, berdirilah MSC pertama yang dikhususkan buat Maba 2008 dan aku menjadi panitianya. Selain itu, juga ada Sains award buat kader yang IPKnya tertinggi dan biasanya diprioritaskan buat kader2 baru. Oya, ngomong2 Sains Award, inilah prestasi keduaku. Alhamdulillah, aku menjadi penerima Sains Award dengan IPK saat itu semester 2 sebesar 3,64 untuk di akhwatnya. Di ikhwannya aku lupa siapa. Senangnya bisa menerima hadiah buku “Berani Karena Goblok” yang masih tersimpan rapi sampai sekarang di jejeran koleksi bukuku. Saat itu yang menyerahkan adalah ukhti Fitri, peraih ISC Award sebelumnya. Hehe, sama2 dari Ilkom, senangnya…Tidak hanya itu, aku merasa sangat senang di Sains, karena banyak dapat hal baru. Saat Idul Fitri, diberi kartu ucapan selamat dan 1 Disc berisi artikel-artikel Islam ditinjau dari Sains dll. Saat mau perpisahan dari Sains pun, kami diberi buku Doa dan Wirid Hisnul Muslim (maaf kemarin di acara aku salah menyebutkan). Senangnya…

Masuk ke kenangan mengikuti PILAR 2. Untuk angkatanku, PILAR 2 diadakan di Masjid Abu Bakar Dieng. Hanya semalam dan tidak ada outbond, hanya ada riyadhoh. Tapi sekali lagi, itu sangat berkesan buatku. Materi demi materi aku dan teman2 terima, diskusi, sharing, dan sebagainya. Dan satu yang paling berkesan yaitu saat pengikraran sumpah sebagai AA (Anggota Aktif) 2. Dasar Pipit orangnya melankolis, aku pun tak bisa menahan air mata saat itu, Subhanallah, Allah mempercayaiku dan teman-teman untuk mengemban amanah sebagai AA2 Forkalam.

Setelah menjadi AA2, tak lama kemudian ternyata amanahku harus berpindah ke medan dakwah yang lain, di ranah yang lain, namun tetap satu tujuan. Aku pun harus melepas status pengurus dari FORKALAM, walaupun baju keanggotaan ini masih ku gunakan, karena “Selama saya MUSLIM, saya adalah ANGGOTA FORKALAM”.

Amanah baru di tempat yang baru semakin membuatku rindu akan persaudaraan di FORKALAM dulu..aku memang tak pernah jadi PH, hanya jadi staf. Tapi saat aku menjadi staf, “Bapak Ibu”-ku (Kadept/Kabir dan Sekdept/Sekbir) sangat memperhatikan kami (aku dan teman2 sedivisi), sehingga aku pun hampir tak pernah merasa ada hakku yang tak terpenuhi. Mereka begitu mengerti aku…dan sangat ku syukuri itu.

Beramanah di tempat yang baru berarti membawa sebuah harapan baru. Dengan identitas FORKALAM yang masih melekat pada diri ini, aku harus menampilkan segala sesuatu yang terbaik, karena “Mereka” di luar sana dan ditempat amanahku yang baru, akan menilai FORKALAM juga dari sikapku pada mereka, kinerjaku, semangatku, akhlakku, dll. Sehingga aku memohon ampun pada Allah jika aku pernah melakukan hal-hal yang membuat penilaian orang kepada FORKALAM buruk dan kurang sreg di hati mereka..

Semoga catatan singkat ini bisa berarti buatku, buatmu, buat kita, dan buat mereka..

Agar mereka bisa merasakan indahnya Islam ini..

Forkalam ada untuk MIPA, untuk Brawijaya, dan untuk Indonesia…

Best regards,

Putri “Pipit” Irvanna

(Malang yang sunyi, 27 desember 2010 01:48)

Bagi yang mau membaca undangannya, aku punya softcopynya, dulu copy dari sekret FORKALAM, semoga bisa menginspirasi..

http://www.ziddu.com/download/13139048/UndanganPilar.doc.html

5 thoughts on “Bagaimana Kenanganmu dengan Forkalam?

  1. @tetik : hehe, soalnya nulis notenya pas dini hari terus, jadi Malang sunyi..
    @akh mahfudz : syukron. berhubung antum anak forkalam juga, ana nantikan tulisan antum dengan substansi yang sama tapi ala antum..hamasah!keep istiqomah!

Leave a Reply

