ALQURAN ADALAH HADIAH TERBAIK UNTUKMU, MAMA

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh…
Mama, jika aku ditanya, siapa orang yang terbaik dalam hidupmu, tentu saja aku menjawab engkau, dan ku yakin tak ada yang menafikkan jawabanku ini. Namun, jika ditanya, hadiah apa yang terbaik untuk ibumu, aku pun akan memberikan ayat-ayat cinta Allah Tabaraka wa Ta’ala yang terhimpun dalam Al Qur’anul Kariim, dan itu pilihan terbaikku Mama…
Tahukah Ma, apa alasan aku memilih hadiah ini? Memang firman Allah selalu menginspirasiku…Mama, Allah Mengingatkan kita dalam Surah At Tahrim ayat 6 bahwa :
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.
Luar biasa Ma, begitu berharganya keluarga bagi setiap mukmin, sampai diberi tugas seperti ini oleh Allah, dan Pipit pun akan mencoba untuk menjalankan amanah ini Ma. Inilah alasan pertama akan hadiah ini…
Ada lagi nih Ma…
Rasulullah SAW bersabda, “Bila seorang anak Adam wafat, maka amalnya terputus kecuali tiga hal:
[1] Shadaqah jariah,[2] Ilmu yang bermanfaat dan [3] Anak shalih yang mendoakan kepada orang tuanya.” (HR. Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Nasa’i dan Ahmad)
Masa muda ini akan Pipit isi dengan hal-hal yang bermanfaat untuk semua, tak terkecuali untuk Mama, dan Pipit akan berjanji pada diri sendiri untuk senantiasa menjadi anak yang sholeh, lalu terus memanjatkan doa untuk Mama dan keluarga kita, minimal di setiap akhir sholat. Pipit pun yakin, doa juga tak pernah terputus dari lisan Mama untuk Pipit.
Luar biasa lagi Ma, begitu dahsyatnya kekuatan doa itu, apalagi dari kesholehan sang anak untuk orang tuanya, Pipit harus bisa jadi anak yang sholeh!!! Inilah alasan kedua akan hadiah ini…
Dan yang terakhir ini…akan menjadi alasan terkuat Pipit mengapa memberikan hadiah ini pada Mama…
Al Hakim meriwayatkan, dia berkata “Rosulullah bersabda “Barangsiapa membaca Al Qur’an dan mempelajarinya serta mengamalkannya maka pada hari kiamat nanti Allah akan memakaikan kedua orang tuanya mahkota yang cahaya seperti cahaya matahari. Dan Allah juga akan memakaikan perhiasan yang belum pernah ada di dunia. Lantas kedua orang tuanya bertanya, ”sebab apakah kami mendapatkan ini semua?” Maka dijawab” karena kamu telah mengajarkan Al Qur’an kepada anakmu”.
Ya, mahkota itu, menjadi impian Pipit, kelak di surga, Allah Tabaraka wa Ta’ala memberikan mahkota ini pada Mama dan Papa. Dan tekad Pipit harus bisa menjadi orang yang membaca, mempelajari, dan mengamalkan ajaran Rasulullah SAW dan petunjuk Allah dalam Al Qur’an.
Maka dari itu…
Hadiah Al Qur’an ini menjadi jawaban mimpi kita bersama Ma, untuk menyatukan cita-cita hidup kita, masuk dalam jannah Allah Tabaraka wa Ta’ala.
Pipit ingin sekali, mengajarkan pada Mama huruf demi huruf, kata demi kata, ayat demi ayat, mulai dari makhorijul huruf, tajwid, dan dilengkapi dengan tafsir. Proses pembelajaran ini Pipit sedang tempuh Ma. Berharap doa darimu, agar Pipit bisa istiqomah dalam belajar lalu bisa berbagi ilmu dengan semuanya, terutama pada bundaku tercinta, Mama..
Semoga Al Qur’an per kata beserta terjemahan dan tafsir singkatnya ini bisa menjadi bekal Mama untuk belajar Al Qur’an, dan Mama pun bisa mengajarkannya untuk orang-orang sekitar Mama, tak terkecuali Pipit…

Kau ajarkan kami kesantunan,
Kau didik kami dengan keteladanan,
Kau peringatkan kami dengan kesabaran,
Dan Kau besarkan kami dengan penuh kecintaan..
Al Qur’an ini menjadi hadiah untukmu,
Agar kami bisa santun, menjadi teladan, bersifat sabar, dan menebarkan cinta pada sesama
Sama seperti yang kau ajarkan pada kami, Mama…
SELAMAT HARI IBU 

Malang yang sunyi, 13 Desember 2010, 00:37
Putri “PIPIT” Irvanna

One thought on “ALQURAN ADALAH HADIAH TERBAIK UNTUKMU, MAMA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s