Ar Rahman dan Ar Rahim

Tulisan ini berawal dari diskusi singkat bersama seorang akhwat menjelang buka puasa. Saya memulai diskusi dengan mengomentari bahwa tidak hanya orang Islam, orang non Islam, agama, aliran, atau kepercayaan apapun itu, juga dapat merasakan yang namanya rezeki dari Allah berupa kenikmatan-kenikmatan, entah itu berupa kekayaan, kepintaran, kebaikan, dan lain-lain. Padahal di satu sisi mereka tidak menyembah Allah, bahkan mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang tidak layak. Mengapa Allah itu sangat baik sekali dengan ciptaan-ciptaanNya?

Akhwat itu pun dengan bijak menjawab (dengan editan susunan kata-kata dari saya), “Bismillahirrahmaanirrahiim”, terdiri dari Ar Rahman dan Ar Rahim. Ar Rahman berarti Mengasihi atau Memberi, sedangkan Ar Rahim berarti Menyayangi. Allah dengan sifat Ar Rahman Memberikan atau Mengasihi kepada seluruh ciptaanNya baik di langit, di bumi, maupun di antara keduanya, tanpa terkecuali, berupa nikmat yang tidak dapat seorangpun menghitungnya. Sedangkan Allah dengan sifat Ar Rahiim atau Menyayangi hanya khusus diberikan kepada umat Muslim, umat terakhir dan umat dengan agama yang paling diridhai (Alhamdulillah).

Analoginya, jika kita memberi atau mengasihi sesuatu kepada seseorang, maka belum tentu kita menyayanginya, namun jika kita menyayangi sesuatu maka sudah pasti kita akan bersedia memberi atau mengasihi yang kita miliki. Begitupula Allah Ar Rahman dan Ar Rahiim yang dalam firman-Nya :

QS Ali Imran :110. Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Ingat, dari ayat ini, dinyatakan bahwa predikat UMAT YANG TERBAIK itu diperoleh dengan syarat “menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah”

Semoga kita bisa menjadi bagian dari orang-orang yang mendapat predikat umat terbaik tersebut. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s