Jangan Bangga Jadi Mahasiswa Muslim!

Kawan, jangan bangga jadi seorang mahasiswa muslim, jika masih saja mencuri intelektual orang lain tanpa tanggung jawab alias menyontek. Perasaan santai saat sudah mendapat jawaban dan nilai tinggi dengan hasil keringat orang lain. Padahal otak tak kerja sama sekali.

Kawan, jangan bangga jadi seorang mahasiswa muslim, jika keislamanmu hanya untuk dirimu sendiri, kesalehanmu hanya untuk pribadimu. Hati tenang dan diam saja melihat kemungkaran, ketidak adilan, dan kezhaliman. Lupa akan kesalehan sosial yang dibutuhkan masyarakat.

Kawan, jangan bangga jadi seorang mahasiswa muslim, jika aktivitasmu tidak untuk mencari ilmu. Budaya menulis, membaca, dan diskusi tak berlaku bagimu. Dirimu menganggap itu hanya buang-buang waktu saja. Padahal itulah aksi mahasiswa yang dibutuhkan.

Kawan, jangan bangga jadi seorang mahasiswa muslim, jika hanya berharap mengambil mata kuliah sebanyak-banyaknya, IP tinggi, kemudian lulus. Study oriented, kuliah pulang, kuliah pulang, namun juga tak menghasilkan apa-apa yang bermanfaat buat orang lain. Pasca kampus, bingung, karena sulit menghadapi dinamisasi kehidupan di masyarakat.

Kawan, jangan bangga jadi seorang mahasiswa muslim, jika hati ini tidak malu untuk berbuat salah, malah merasa bangga karena telah melakukan suatu hal yang dianggap benar padahal salah, membenarkan diri, padahal orang di sekitar sudah menilai salah.

Islam kuat karena geraknya, Muslim bersatu karena pergerakannya. Bagaimana caranya mau kuat jika pemuda-pemudinya terpecah seperti ini, apatis seperti ini. Hanya ingin menjadi penikmat, tanpa mau bergerak, hanya mau jadi penonton, tanpa mau beraksi. Padahal, saudaranya di belahan dunia lain berjuang mati-matian menegakkan kebenaran, menegakkan dakwah ini.

Kawan, mungkin hati nurani ini sudah mati. Kata-kata lembut, halus, dan indah sudah tak mampu lagi menembus hati yang penuh dosa ini. Karena itu, kata-kata yang cukup keras ini ku berharap bisa menjadi teguran keras buat kita semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s