Dilemma Pemrograman

Ngoding? Pasti buat kamu yang ilkomers tahu istilah ini. Ya, ngoding kalau dibakukan maksudnya adalah membuat atau menyusun sebuah program dengan coding bahasa pemrograman tertentu. Hampir di semua matakuliah ilmu komputer mendapatkan materi dan tugas pengkodean. Intinya, coding menjadi hal yang cukup sering ilkomers temui dalam perkuliahan.

Namun, apakah dominan ilkomers menguasai dunia peng-coding-an? Saya rasa kompetensi inilah yang harus terus ditingkatkan para ilkomers terutama angkatan saya sebab dominan ilkomers menganggap coding adalah sekumpulan bahasa aneh yang hanya akan memusingkan kepala saja untuk memahaminya.

Adalah sebuah dilemma yang terjadi ketika dosen memberikan tugas untuk membuat program, misalnya dengan bahasa Java, terlebih jika itu adalah tugas proyek. Banyak yang bingung untuk menyelesaikannya sebab dasar dari bahasa pemrograman juga belum dimengerti dan alhasil orang-orang tertentu saja yang bisa menyelesaikannya.

Kemampuan ngoding seseorang terbagi jadi 2, yaitu kemampuan secara syntax dan secara algoritma program. Kemampuan secara syntax yaitu mudah mengerti maksud dari program yang sudah jadi atau sudah ada, mudah mengedit program tersebut, ketika membuat program baru butuh bantuan dari program yang sudah ada, minimal algoritmanya. Kemampuan secara algoritma program yaitu mudah membuat program dari awal dengan panduan algoritma yang dipahami, tidak mudah menangkap maksud program yang telah ada dan lebih baik membuat baru daripada mengedit program yang telah ada.

Intinya, mau jadi programmer yang seperti apakah kamu itu adalah hak kamu, yang penting segala sesuatunya diniatkan untuk kebaikan dan jangan pernah putus asa apalagi menyerah untuk mempelajari coding-coding yang aneh itu karena itu sudah menjadi bidang kita, okay Bro?! Semangat, HARAPAN ITU MASIH ADA!!! (akhwat_fathonah)

2 thoughts on “Dilemma Pemrograman

  1. Kalau bicara masalah coding, aku benar2 nol putul dari awal, aku ingat betul aku pusing sekali dan hampir down di semester 3. AKhirnya setelah dipikir-pikir karena ‘kadung nyemplung’ yasudah dijalanai perlahan-lahan. Aku masih ingat sampai semster 7 itu aku masih saja bingung membuat array dua dimensi😀
    Memang harapan itu masih ada untuk orang yang mau berusaha dan bersungguh-sungguh, InsyaAllah tak ada usaha yang sia-sia.😀
    Happy ngoding😉

    • Hehehehe..sharyyy,,ini tu tulisan yg lupa di publish..buatnya kapan, publishnya kapan..😁
      Tp bener jg shar, mmg usaha belajar coding pas kuliah itu bener2 luar biasa…masih inget jg aku pernah nginep di kostmu gegara tugas ngoding 😅 tapi akhirnya justru itu yg membuat semangat utk terus belajar..jd kangen ngodiiiing 😢😢😢

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s