Beratnya Beban Ini Ya Allah…

ya, itulah yang saya simpulkan setelah bercakap dengan seorang akhwat senior saya. Begini isi percakapannya, ”Pit, akhwat A itu beda, kemarin ana bertemu dengan dia, terlihat di bawah matanya guratan hitam yang jelas, itu menandakan akhwat A sedang banyak pikiran…”

Astaghfirullah, ya, begitulah gambaran keadaan seorang mas’ul di tempat saya. Walaupun saya hampir sering bercakap dengannya, saya tidak pernah memperhatikan seperti apa yang dikatakan akhwat senior saya tadi.

Ini jelas menandakan bahwa beratnya beban dakwah ini. Terlalu kompleks dan sangat sulit, oleh karena itu, banyak orang yang berguguran di jalan ini. Memang benar apa yang dikatakan oleh Imam Hasan Al-Banna bahwa sesungguhnya amanah ini lebih banyak daripada waktu yang tersedia. Subhanallah, saya tidak begitu tahu apa saja yang dipikirkan oleh mas’ul itu, tapi saya yakin, tiada lain kesemuanya adalah agenda dakwah.

Coba renungkanlah kata-kata di bawah ini wahai engkau kader dakwah :

Jika dakwah adalah jalan yang panjang, jangan pernah berhenti sebelum menemukan penghujungnya. Jika bebannya berat, jangan minta yang ringan, tapi mintalah punggung yang kuat untuk menopangnya. Jika pendukungnya sedikit, jadilah yang sedikit itu…

Subhanallah, semoga kita selalu dimudahkan oleh Allah untuk senantiasa istiqomah di jalan ini, amin allahumma amin, laa haula wala quwwata illa billah…

3 thoughts on “Beratnya Beban Ini Ya Allah…

  1. mengeluh adalah suatu hal yang manusiawi, pantas atau tidak, setiap orang punya alasan tersendiri kenapa dia mengeluh, tapi bukan berarti rasa keluh itu akan menghentikan segala, bisa jadi dalam kondisi seseorang, mengeluh adalah pengekspresian dari dirinya karena berat yang ia rasakan, namun selanjutnya keluh itu akan tergantikan dengan perasaan semangat untuk menantang rintangan yang ia hadapi…
    dan begitulah ana ketika di awal mengenal dunia dakwah ini…
    setiap orang punya perasaan masing-masing yang tak bisa dipungkiri

  2. mengeluh…ah, kalau ana mah malu mengeluh..orang belum berbuat apa apa kok mengeluh??? apalagi kalau cuma baru aktif di kampus ? its only laboratorium dakwah..bukan medan yang sebenarnya..

Leave a Reply

