KENDARI? Di mana ya??

Ya, pertanyaan inilah yang saya ingat yang selalu terlontar dari hampir semua orang ketika saya berkenalan pertama kali dan mereka menanyakan asal saya dari mana. Jujur bosan juga saya ditanya seperti itu.

Beberapa hari yang lalu, ibu saya datang dari Kendari. Beliau membawakan sebuah buku yang judulnya ”Jakarta Underkompor – Sebuah Memoar Garing”. Saya pun terkejut ketika saya melihat bahwa pengarangnya bernama Arham_Kendari. Ibuku pun layaknya sales, mempromosikan abis-abisan buku ini. Wah, pastinya saya langsung membacanya.

Alhasil, di judul bab pertamanya, ”Ada Apa Dengan Kendari?”, saya menemukan pengalaman yang sama dengan penulis. Dan ternyata dia “menangkis” jawabannya juga hampir sama maknanya dengan saya.

Di bukunya tertulis :

Tempo hari gue malah ditanya ama temen chatting :

”Kendari itu di Sumatra atau Kalimantan bagian mana, ya?”

”Bukan Sumatra, juga bukan Kalimantan Mas,” jawab gue.

Heheheh, nggak kok. Gue just kidding. Gue juga tahu lah kalo Kendari itu di bagian Papua!”

GUBRAKKK!!!

”Mas, ketahuan deh dulu geografinya sering bolos!”.

Paling jawaban old school itu doang yang gue pake, untuk menangkal pertanyaan dan pernyataan kayak gitu.

Nah, kalau si Arham punya jawaban seperti itu, beginilah jawaban versi saya :

”Wadoh, pasti dulu nilai Geografinya di sekolah pada ’ancur ya, sampe2 ibukota provinsi aja gak tahu, payah!!”

Kalau tadi temen si Arham, bilang Kendari itu di Sumatra, Kalimantan, dan Papua. Kalau saya, pernah menemukan, Kendari itu di Nusa Tenggara, bahkan ada yang kira di Jawa..Ck ck ck..

Gini aja wiz, daripada terjadi keributan gak jelas atau pun sengketa perwilayahan lokasi Kendari(halah), lebih baik saya akan presentasikan sedikit tentang tempat aku dibesarkan 17 tahun di sana, lha wong dari penjelasan di atas aja, Kendari udah merebut hampir semua wilayah di Indonesia, kasian yang laen kan :p

Kendari adalah ibukota provinsi Sulawesi Tenggara yang terletak di ujung tenggara Pulau Sulawesi. Kalau kamu tahu Sulawesi itu kayak huruf K, nah, Kendari itu ada di daerah garis miring yang di bawah. Gini nih petanya :

Akhir-akhir ini Kendari sudah mulai ramai, ya iyalah, secara penduduk Indonesia juga kian bertambah. Oh ya, pada saat baca buku Arham, sedikit menyinggung tentang sinonggi, makanan khas kendari yang terbuat dari sagu dan bila sudah jadi, hasilnya akan seperti lem. Nah, pada saat itu, saya sedang di rumah Kediri dan ibu saya sedang membuat sinonggi tersebut dengan membawa bahan dasar dari Kendari. Alhasil, setelah baca buku, makan deh sinongginya😉

Gimana? Udah ngerti kan Kendari iitu di mana? Atau masih belum ngeh juga? Wadoh, gini aja deh, kalo kamu mau ke sana karena saking penasarannya, insyaALLAH siap deh jadi tour guide-nya :p .

Betapa rindu daku dengan KENDARI ^-^

2 thoughts on “KENDARI? Di mana ya??

  1. spa tuh yang gak kenalma kendari.,. dasar bodoh orang yang gak tau kendari.,., btul tuh.,., org yang gak tau kndari pasti nilai geografix jelek atau .,.,.,., dia sring tidurrr klu guru lg menjelaskan.,., hhehehehe

Leave a Reply

