Musyawarah Nasional Wilayah V Jaringan Rohis MIPA Nasional (JRMN)

Ya, inilah kegiatanku yang sedang saya jalani. Sepulang dari Simulasi Operator Tim 5 SINAR di Sekolah Tinggi Teknik Malang (STTM), agenda saya adalah mengikuti Musyawarah Wil V JRMN yang bertempat di UIN(Universitas Islam Negeri) Malang. Sebenarnya jadwal resminya adalah Jumat – Ahad besok, tetapi sebagai tetangga terdekat dengan ikhwah di UIN, akhirnya saya berusaha untuk check in hari Kamisnya dan Alhamdulillah terkabulkan. Oh ya, untuk akhwatnya yang mewakili Forkalam saya dan ukhti Riska, sedangkan untuk ikhwannya ada akhi Irwan dan Anas. Namun ternyata akh Anas tidak bisa ikut karena ada udzhur.

Setelah ketemu dengan panitia dari UIN, ukhti Anti dan Tuva, kita pun nginep di kontrakan Akhwat di daerah belakang UIN. Tapi, hari ini (Jumat), kita akan pindah ke Ma’had Putri, karena kemarin masih dipakai acara, yang katanya ukhti Santi, acara pertemuan Kiyai se-Indonesia. Ntar lagi ketemu sama peserta-peserta dari luar yang datang pagi ini. Oh ya, wilayah V(lima) itu meliputi Jawa Timur, Bali, dan NTB.

(18 Juli 2008, 06:38 AM)

Sekitar pukul 8.00 AM, kami rombongan akhwat (panitia dari UIN, peserta dari UB dan UNJ) menuju Auditorium Saintek di Gedung Fakultas Saintek Lt. 4. Jadwal kegiatan mengalami perubahan karena rombongan dari universitas lainnya belum datang, sehingga diundur sampai ba’da jumatan. Acara tadi pagi diisi dengan sharing dari LDK yang sudah hadir. Untuk FORKALAM(Forum Kajian Islam) MIPA UB diwakili oleh Akh Irwan, IONS(Islamic Organization Of Mathematics and Natural Science) UNEJ diwakili oleh Akh Bukhori, dan dari tuan rumah sendiri, AIR(Azzam Islamic Research) UIN diwakili oleh Akh Iqra’. Hal-hal yang disharingkan terkait mengenai program unggulan, jumlah kader, cara merekrut kader, kondisi, dsb. Setelah itu istirahat untuk jumatan dan dzuhur. Kami pun pulang ke kontrakan.

(18 Juli 2008, 12:27 PM)

Ba’da jumatan dan setelah kita shalat dzuhur, rombongan pun balik ke tempat acara. Oh ya alhamdulillah ikhwah dari UNAIR yang diwakili oleh LDF JIMM(Jama’ah Intelektual Mahasiswa Muslim) sudah tiba. Kegiatan inti pun dimulai dengan Muktamar sesi 1 yang membahas mengenai agenda sidang, tata tetib sidang, dan tata tertib pemilihan presidium sidang. Setelah cukup lama kami “berdebat” untuk mencapai mufakat, akhirnya kami bisa menyelesaikan ketiga agenda tersebut. Selanjutnya dilaksanakan agenda pemilihan presidium sidang. Ikhwah yang terpilih adalah akh Irwan dan akh Ruslan(SC AIR). Karena waktu sudah hampir habis, akhirnya untuk agenda terakhir yaitu pembagian komisi, forum menyerahkan kepada presidium sidang untuk menyelesaikannya. Saya pun ditempatkan di Komisi Internal. Oh ya, agenda hari ini pun ditutup dengan kepanikan. Pasalnya, setelah acara selesai dan kami pun mau pulang, ternyata gedung Saintek sudah dikunci. Otomatis kami pun sedikit panik dan tegang secara sudah mau malam dan saat itu adzan maghrib sedang berkumandang. Sekitar 10-15 menit akhirnya pak satpamnya pun membukakan pintu gedung..dan alhamdulillah..akhirnya kami bisa keluar dan bergegas pulang mengejar waktu sholat.

Oh ya, malam ini kami lewati dengan sedikit ta’aruf kemudian dilanjutkan dengan tugas Muktamar. Ya, setiap komisi ditugaskan mengadakan syuro sendiri-sendiri dulu dan karena dilakukan di penginapan masing-masing, otomatis akhwat pisah dengan ikhwan. Syuro ini bertujuan untuk membuat GBHKW(Garis-garis Besar Haluan Kerja Wilayah) dan MPKW(Mekanisme Penyelenggaraan Kerja Wilayah) khusus untuk Wilayah V. Komisi Internal yang beranggotakan saya, ukhti Anti dan ukhti Nur AIR, ukhti Nina JIMM, dan ukhti Ifa IONS melakukan syuro di salah satu kamar kontrakan. Tapi ukhti Nur tidak ikut karena ada udzhur. Oh ya, sedikit info, kami yang akhwat tidak jadi pindah penginapan di Ma’had karena sedang dilakukan sterilisasi untuk persiapan MaBa 2008, kalaupun bisa, izinnya itu ilegal, so kami tidak mau mengambil risiko dan tetap menginap di kontrakan Hirziyah.

Selama syuro, jujur saja kami mengalami sedikit kesulitan karena kami masih belum mengerti. Kami pun juga sadar bahwa ini adalah Muktamar ke-1 sehingga kamilah yang akan menyusun dari awal. Untungnya, ukhti Anti masih menyimpan draft hasil Muktamar Nasional tahun lalu yang diselenggarakan di UB. Tugas Komisi Internal adalah membuat GBHKW dan MPKW untuk Keorganisasian, Riset, dan Pengkaderan. Selain itu, tugas tambahan adalah membuat kriteria tim Formatur, Koordinator wilayah dan daerah yang terdiri dari syarat dan tugas. Dengan mata yang tinggal “5 Watt”, alhamdulillah kami bisa menyelesaikannya 90%.

Pagi besoknya dengan sedikit sedih, kami tidak bisa riyadhoh karena persiapan untuk Seminar. Oh ya, cukup menghebohkan, setelah calling akh Irwan, ternyata mereka para ikhwan belum membuat sedikit pun tugasnya Komisi Internal dengan alasan tidak mempunyai acuan dan dia baru saja mau mengambil draft FORKALAM dan HMJ Fisika-nya. Akhwat-akhwat pun sedikit sinis menanggapinya dan akhirnya kami pun meminjamkan draft MuNas punya ukhti Anti sekaligus softcopy hasil syuro kami semalam.

Setibanya di UIN, kami langung mengubah peran menjadi panitia. Hal ini karena pihak panitia AIR meminta dengan hormat agar kami para peserta JRMN untuk membantu kepanitiaan seminar. AIR kekurangan panitia karena jadwal acara terbentur dengan jadwal sebagian besar panitia. Memang, AIR bisa dibilang cukup nekat melaksanakan kegiatan ini di tengah-tengah jadwal UAS. Walaupun acaranya ngaret dan ada beberapa kendala di awal, alhamdulillah Seminar Nuklir Nasional bisa berjalan dengan baik.

Setelah ISHOMA, Muktamar sesi 2 dilanjutkan. Diawali dengan melaksanakan syuro khusus Komisi Internal dan Eksternal. Sedikit shock karena di syuro jarak antara ikhwan dan akhwat tidak jauh namun kami tidak dibatasi dengan hijab, ya walaupun kami “depan-belakang”. Yang tambah shock-nya lagi, ternyata kaum Adam ini tidak membuat sendiri, yang ada, mereka hanya memperbaiki dan sedikit menambahkan GBHKW dan MPKW hasil syuro akhwat Internal semalam. Huwfh, memang sih ‘gak salah, ya mau bagaimana lagi. Dan hari ini pun berakhir hingga agenda syuro khusus ini selesai.

Sedikit ibrah yang saya ambil hari ini. Jujur, saya sangat kaget dengan cara berkoordinasi tim panitia yang sama sekali tidak mencerminkan. Tapi, saya lebih malu ketika “mereka” yang tidak boleh disebut namanya, berfoto di depan kami. Sungguh, inipun sangat tidak mencerminkan. Hari ini berakhir tidak baik bagi saya. Saya down…

Selama perjalanan pulang, saya ditemani ukhti Ifa. Alhamdulillah ukhi ini mengerti sikap dan perasaan saya, she know that I mean. Sesampainya di kontrakan dan setelah sholat, saya, ukti Riska, dan ukhti Ifa bersepakat untuk rihlah dan tempat yang kita pilih adalah di Sardo(hehehe..swalayannya mahasiswa). Ketika di sana, tiba-tiba akh Irwan menghubungi kalau kita dari peserta mau memberikan kenang-kenangan untuk tuan rumah dan ikhwannya sudah mempersiapkan pigura. Wadoh, kami pun bingung mau beli apa. Akhirnya, kami sepakat untuk membelikan album foto + kertas kadonya.

Di malam terkahir ini, kami pun saling melakukan sharing antar-LDF sekaligus kesan dan pesan peserta untuk tuan rumah. Banyak sekali masukan, kritikan, pertanyaan yang saling kami berikan. Setelah semua selesai, saya mengkoordinir untuk semua peserta selain dari AIR, harap berkumpul di kamar ukhti Ifa. Ketika kami ber-enam sudah berkumpul, saya pun menjelaskan maksud dan tujuan kami untuk memberikan kenang-kenangan, khususnya kepada akhwat JIMM yang tidak ikut ke Sardo tadi. Lalu kami pun menuliskan masing-masing ucapan terima kasih serta pesan dan kesan kami di kertas. Saya pribadi menuliskan kata-kata mutiara, hadits, dan ayat yang insyaALLAH dapat memberi semangat buat kita semua dan akhirnya saya pun yang paling banyak tulisannya ‘coz sampai 2 lembar kertas(hehehe :p, maklum puitis, halah…)

Subuhnya saya telat bangun, saya tidak ikut tahajud karena semalam tidurnya jam 1 lewat, hikz..tapi untungnya tidak telat subuhan. Setelah itu, kami pun beres-beres untuk persiapan pulang karena setelah muktamar nanti selesai langsung penutupan acara. Ikhwah dari IONS dan JIMM mengejar jadwal kereta. Pukul 7 lewat kami tiba di tempat acara. Hari ini kegiatan pindah di gedung Halaqah dekat Ma’had Putra karena hari Ahad gedung Saintek ditutup, jadinya tidak dapat memakai auditoriumnya.

Tapi ternyata acara pun ngaret karena lokasi masih mau dipersiapkan untuk acara. Akhirnya, kami para akhwat menghabiskan waktu ini untuk berfoto-foto. Setelah sarapan, acara pun dimulai. Hari ini tinggal agenda Muktamar sesi 3. Diawali dengan penyampaian hasil GBHKW dan MPKW dari Komisi Internal dan Eksternal. Oh ya, untuk Eksternal membahas tentang Jaringan dan Pendanaan, sedangkan untuk Arah Kebijakan mereka tidak membuatnya karena belum ada panduan dari JRMN pusat.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemiliham tim formatur yang dari hasil kesepakatan adalah wakil dari masing-masing LDF. Lagi-lagi, akh Irwan menjadi wakil dari FORKALAM, lalu akh Ainun dari JIMM, akh Iqra’ dari AIR, dan akh Bukhori dari IONS. Hasilnya, Puskomwil V jatuh ke tangan FORKALAM untuk kedua kalinya berturut-turut. Haduh, padahal kan sebelumnya sudah kesepakatan bahwa kita hanya mau berpartisipasi saja. Hasil lainnya untuk Koordinator daerah yaitu Malang Raya diwakili oleh AIR, Jember oleh IONS, dan Surabaya oleh JIMM.

Lalu, agenda selanjutnya adalah pemilihan Koordinator wilayah khusus untuk Puskomwil dan pemilihan CP dari tiap KorDa. Oleh karena itu, tiap LDF diminta untuk melakukan syuro internal. Ya, saya shock lagilah..syuro kita ‘gak pakai hijab. Sumpah, aneh rasanya… Oh ya, FORKALAM kedatangan tamu yaitu KetUm. Akhirnya, akh Irwan ada yang menemani. Hasil syuro pun berakhir dengan keputusan bahwa akh Irwan lagi yang menjadi KorWil, namun dengan beberapa komitmen. Saya pun juga mengusulkan bahwa setelah kegiatan ini selesai, kita harus mengadakan suatu forum untuk sharing dan menjelaskan apa saja yang diperoleh oleh delegasi kepada anggota FORKALAM selama kegiatan ini.

Setelah masing-masing LDF menentukan siapa CP KorDa mereka, dilanjutkan dengan orasi dari KorWil yang telah terpilih lalu penyampaian kesan dan pesan. Namun ketika itu terkesan terbentuk forum dalam forum, akhirnya akhwat pun membuat forum sendiri untuk menyampaikan kesan dan pesan terakhir. Kami pun menyerahkan kenang-kenangan yang diwakili oleh saya dan dari pihak tuan rumah diwakili oleh ukhti Aisyah. Tuan rumah yang diwakili oleh ukhti Anti mengucapkan terima kasih dan sedikit shock dengan hadiah ini.

Terakhir adalah makan siang yang berlanjut dengan sholat dzuhur. Kami pun menuju ke Masjid UIN dan berjama’ah sholat. Berat rasanya untuk berpisah karena kami sudah saling menganggap bahwa kita bersaudara dekat, padahal hanya 3 hari. Ah…beginilah hasil persaudaraan seiman dalam Islam, alhamdulillah selalu berakhir dengan indah karena kamu merasa senasib dan sepenanggungan insya ALLAH.

Inilah doa Rabithah(pengikat hati) yang ku persembahkan untuk kalian :

Ya ALLAH, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan mahabbah kepada-Mu, bertemu untuk taat kepada-Mu, bersatu dalam dakwah-Mu, dan berjanji setia untuk membela syariat-Mu, maka kuatkanlah ikatan pertaliannya, ya ALLAH, abadikanlah kasih sayangnya, tunjukanlah jalannya, dan penuhilah ia dengan cahaya-Mu yang tidak pernah redup, lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman dan keindahan tawakal kepada-Mu, hidupkanlah dengan Ma’rifah-Mu, dan matikanlah dalam keadaan syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baik penolong. Amin. Dan semoga selawat serta salam selalu tercurahkan kepada Muhammad, kepada keluarganya, dan kepada semua sahabatnya“

Akhi Ukhti, sampai jumpa di Musyawarah Kerja Wilayah V di UB ya insya ALLAH…keep contact🙂

3 thoughts on “Musyawarah Nasional Wilayah V Jaringan Rohis MIPA Nasional (JRMN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s