Ide Gila Buat Skripsi

Ya, mungkin sebagian orang yang mengetahui saya siapa, pasti akan sedikit heran, apa maksud dari judul ini.

Okelah, secara saat ini saya masih terhitung sebagai mahasiswa semester 2, jelas saja, masih “kecil” untuk memikirkan skripsi. But, why not, tidak ada salahnya kan bila saya bisa memikirkan dari sekarang?!

Tapi sebenarnya hal ini pun muncul secara tidak sengaja. Berawal ketika saya belajar Matematika Diskrit, salah satu mata kuliahku di semester ini. Saya mengulang belajar untuk UAS besok. Ada 2 bab yang akan diujikan, yaitu Teori Graf dan Aljabar Boolean. Alhamdulillah, untuk Bab kedua saya sudah cukup mahir dalam menyelesaikan soal-soalnya. Oleh sebab itu, saya pun lebih fokus untuk belajar Bab 1.

Sedikit membahas tentang teori graf.

Graf digunakan untuk merepresentasikan objek-objek diskrit dan hubungan antara objek-objek tersebut (Indah Yanti, Bahan Ajar Matematika Diskrit, 2008). Ini adalah salah satu materi dari Matematika Diskrit yang diajarkan di Ilmu Komputer.

Terus…idenya apa donk???

Yupz, masih terkait dengan mata kuliah ini kok. Salah satu subbabnya Teori Graf adalah Algoritma Dijkstra. Algoritma ini digunakan untuk menemukan lintasan terpendek dalam menempuh jalur dari suatu titik ke titik yang lain.

Nah, berbicara tentang algoritma, ada hubungannya dengan pembuatan program. Maksud saya di sini adalah jenis algoritma ini bisa dibuatkan programnya. Hmmm…so, inilah ide gila saya. Saya berencana untuk melakukan pembuatan program dengan menggunakan algoritma ini. Karena bila kita menelaah lebih jauh, algoritma ini cukup dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk membantu pak pos dalam mengantar barang kiriman, atau alur perjalanan travel.

Ya, tentu saja, rencana membuat program ini dengan menggunakan Java Language Programming, secara hingga saat ini masih bahasa itulah yang saya kenal dan cukup dimengerti.

Saya cukup senang, ternyata algoritma Dijkstra ini tidak sesulit yang saya bayangkan. Alhamdulillah setelah saya mengambil satu jenis soal untuk mencari path(lintasan) terpendek dari suatu graf, saya berhasil menyelesaikannya dengan menggunakan algoritma ini. Insya ALLAH, soal yang saya kerjakan ini beserta jawabannya akan saya posting melalui blog ini. Tentunya, ini buat kamu yang ingin mempelajari tentang Algoritma Dijkstra. Ya, itung-itung untuk menjadikan blog saya ini sebagai salah satu media E-Learning..😀 (Udah baca belom postingan tentang E-Learning pipit, Pakai E-Learning? Ya Iyalah!!!, klik aja, terus dibaca & harus dicomment ya..😉 )

Hmmm..mungkin saja, jika nanti pada saat mau skripsi saya kesulitan mengambil judul untuk bahan, tidak menutup kemungkinan saya akan menggunakan ide ini. Tidak mungkin saya menyia-nyiakannya… J

Terkadang kita tidak menyadari banyak nikmat yang ALLAH anugerahi pada diri kita, salah satunya adalah kecerdasan, yang insya ALLAH, Pipit selalu merasa gak pernah hentinya Sang Khalik mengalirkannya ke diri saya. HAMASAH Pit!!! ALLAH selalu bersamamu..Amiin Allahumma Amiin.

==== 5 Juli 2008, kapan ya mau belajar Arkomp(Organisasi dan Arsitektur Komputer)??? Kok gak semangat gini ya?? >< =====

One thought on “Ide Gila Buat Skripsi

Leave a Reply

