Roadshow Linux Malang

https://i0.wp.com/malang.linux.or.id/wp-content/uploads/2008/06/roadshow-linux-malang.png

Ya, itu kegiatanku hari sabtu kemarin, 14 Juni. Acaranya yang cukup menarik dan penasaran. Setelah Mabit(Malam Bina Taqwa) di RJ(Radhatul Jannah), saya bareng vita pergi ke acara ini yang bertempat di Perpustakaan Kota Malang. Kita sudah telat kurang lebih 1 jam, akhirnya kita tidak mengikuti materi pertama yang dibawakan oleh Mas Wandi(pengagum Brawijaya-habisnya nyebut2 Brawijaya truz sih) dari “airpuTIh”. Saya datang di tengah-tengah materi kedua yang dibawakan oleh Mas Didien tentang perbandingan FOSS(Free Open Source Software) dengan Proprietary. Sip, keren banget, saya saja yang baru datang langsung semangat.

Oya, sebelumnya kami yang datang mendapat majalah linux+CD dari Kolam+snack+formulir pendaftaran Koran Pendidikan.

Setelah materi kedua selesai, acara break dulu dengan sholat dzuhur…Wah, sedikit comment nih tentang Mushola Perpus,,Astaghfirullah, perpus yang segede ini punya mushola yang ukurannya sama dengan gudang, bahkan bisa dibilang lebih kecil lagi, mana gak ada Hijabnya lagi,…Hikz….

Kembali ke Laptop(halah,,,)

acara dilanjutkan dengan materi dari mas Widi mengenai FOSS untuk dunia pendidikan TIK. Hmm..guru yang masih muda ini sangat narsis tapi asyik membawakan materinya. Selain membawa materi, dia juga mempromosikan BimaSakti, usaha dealer Linux-nya. Tapi, emank sih, materi yang beliau bawakan ini lebih pas dan lebih dimengerti oleh bapak-ibu guru yang hadir, secara beliau seorang guru TIK dari SMAN 3 Malang dan materi yang dibawakan pun membahas kurikulum TIK.

Berikutnya, perkenalan KOLAM(Komunitas Linux Malang), mempresentasikan sedikit mengenai kaset yang diberi. Isi kasetnya itu antara lain daftar software pengganti dari Windows dan Mac ke Linux. Ada lebih dari 300 software. keren juga

Kemudian, membahas sedikit tentang Koran Pendidikan yang menjadi EO acara ini..dan diteruskan dengan panel tanya jawab. Acara semakin seru saja, hingga session 3 pun akhirnya saya bertanya,,,

1. Kenapa linux Mint yang saya pakai tidak bisa mengaktifkan WiFi di Notebook saya? Sehingga membuat saya harus dual boot, Jendela dan Penguin

2. Bersediakah KOLAM untuk bekerjasama mengadakan acara Seminar dan Workshop Pelatihan Linux bersama UB khususnya Ilmu Komputer karena bagaimanapun juga, dunia IT-nya UB salah satunya ada di tangan ilkom. (oya, maaf ya, kemaren sempat nyebut merek kantor IT-nya UB,,,🙂 )

dan jawabannya :

1. Anak KOLAM mengatakan kalau mereka harus tahu spesifikasi dari WiFi-ku dulu baru bisa dikasih jalan solusinya. Dan Mas Widi pun menyarankan segala masalah yang berhubungan dengan Linux langsung saja dicari solusinya di internet.

2. Ini nih yang sedikit seru kemarin, karena Mas Wandi pun yang kesekian kalinya menyebut Brawijaya. Mereka mengatakan bersedia saja dan sebenarnya sudah ada rencana untuk hal ini.

Ya, point kedua itulah yang sedang ku usahakan sekarang. Dengan alasan yang kuat, saya ingin sekali acara itu diadakan, guna mengajak semua civitas academica di UB hijrah ke FOSS, jalan yang benar untuk di dunia IT, insyaALLAH. Kita harus berusaha menghilangkan ketergantungan dari Pembajakan Hak Cipta. Ya, semoga hal ini bisa cepat terespon.

Saran dari kakek, saya mesti mencari respondensinya dulu, truz kalau membutuhkan pihak lain, baru mengajukan permohonan. Ya semoga bisa cepat mendapat solusinya.

Oya, saya minta maaf, memang saya sangat bertekad mengenai FOSS, tapi sampai detik ini saya masih pakai Jendela. InsyaALLAH, dalam waktu dekat ini, saya belajar Linux lewat Wubi dulu, distro Ubuntu yang bisa dijalankan lewat windows. Kalau mau, nih download di http://wubi-installer.org/

Semangat,,semoga bisa secepatnya saya dan temen2 hijrah ke FOSS…

SO, BE OPEN SOURCE, OPEN OUR MIND…(Slogan BimaSakti)

3 thoughts on “Roadshow Linux Malang

  1. pertama tama salam pertamax

    yg kemaren ngasih materi dari SMA 3 itu namanya Mas Wibi bukan mas Widi

    terus ikuti saran kakekmu dan jangan terburu buru biasa klo anak muda emang buru buru dan gak mau bersabar tapi ada hikmah di dalam sabar lagian pada dasarnya manusia itu cenderung pada kebaikan so pasti sebetulnya orang orang di brawijaya tu pada pengen pake linux cuman malu ngomong aja😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s