Adakah Al Quran berbicara tentang komputer??

 

Ya, judul di atas merupakan pertanyaan saya ketika mengikuti SeSaMi (Seminar Sains MIPA) yang diadakan oleh Dept. Dakwah FORKALAM kemarin. Seminar ini mengundang dosen-dosen MIPA dari bidang biologi, ilmu komputer dan kimia, walaupun yang dari kimia, dosennya berhalangan hadir. Dari seminar itu telah di jelaskan panjang lebar tentang semua ilmu alam terkecuali ilmu komputer(sebenarnya statistika juga, namun statistika sudah terwakili oleh matematika). Bahkan dosen yang dari ilkom(ilmu komputer) itu hanya menjelaskan tentang bidang matematika, walaupun pada kenyataanya, dasar komputer adalah perhitungan matematika.

 

Hal ini membuat saya kurang puas hingga akhirnya saya bertanya, dengan pertanyaan selengkapnya seperti ini :

”Dari tadi telah dipaparkan hubungan sains dalam Al Quran dalam bidang biologi, kimia, fisika, dan matematika, namun untuk komputer sepertinya belum. Saya hanya ingin bertanya apakah ada dalil, ayat, atau pendapat para Pendahulu yang menyinggung baik secara ekspilisit maupun implisit tentang perkembangan teknologi yang semakin hari semakin kecil namun semakin hebat dan apakah pendapat Bapak tentang teknologi komputer jika dalam pandangan Al Quran?”

 

            Karena pada saat itu hampir memasuki waktu shalat dzuhur, jadi oleh moderator pertanyaan saya disingkat hanya tentang komputer, bukan teknologi seperti yang saya sebutkan tadi dan hanya dilihat dari segi ayat Al Quran saja. Inilah garis besar dari jawaban pemateri :

Pemateri dari ilkom :

Untuk secara eksplisit, saya belum menemukan ayat yang berbicara tenteng komputer, akan tetapi untuk yang secara implisit ada banyak sekali, antara lain :

”Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.” (QS. Al Ankabut : 43)

Makna dari ayat ini adalah perintah dari ALLAH Azza Wa Jalla agar kita sebagai orang yang berilmu(insya ALLAH) harus selalu belajar dan berusaha untuk memaknai dan memahami ayat-ayat ALLAH, baik ayat yang secara langsung terulis di Al Quran maupun ayat yang terdapat dalam alam ini.”

Pemateri dari biologi :

Untuk apa kita mencari ayat-ayat berbicara tentang komputer, toh Al Quran sebagai berita ”Dunia dan Akhirat” menghadirkan ayat-ayat yang jauh lebih hebat dibandingkan dengan kehebatan komputer, salah satunya adalah berita dari ALLAH tentang penggambaran kejadian hari kiamat nanti yang tertera dalam firman-Nya QS. At Takwir :

81:1. Apabila matahari digulung,

81:2. dan apabila bintang-bintang berjatuhan,

81:3. dan apabila gunung-gunung dihancurkan,

81:4. dan apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak diperdulikan),

31:5. dan apabila binatang-binatang liar dikumpulkan,

81:6. dan apabila lautan dipanaskan,

81:7. dan apabila ruh-ruh dipertemukan (dengan tubuh),

81:8. apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya,

81:9. karena dosa apakah dia dibunuh,

81:10. dan apabila catatan-catatan (amal perbuatan manusia) dibuka,

81:11. dan apabila langit dilenyapkan,

81:12. dan apabila neraka Jahim dinyalakan,

81:13. dan apabila surga didekatkan,

81:14. maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakannya.

81:15. Sungguh, Aku bersumpah dengan bintang-bintang,

81:16. yang beredar dan terbenam,

81:17. demi malam apabila telah hampir meninggalkan gelapnya,

81:18. dan demi subuh apabila fajarnya mulai menyingsing,

81:19. sesungguhnya Al Qur’an itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril),

81:20. yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai Arasy,

81:21. yang ditaati di sana (di alam malaikat) lagi dipercaya.

81:22. Dan temanmu (Muhammad) itu bukanlah sekali-kali orang yang gila.

81:23. Dan sesungguhnya Muhammad itu melihat Jibril di ufuk yang terang.

81:24. Dan Dia (Muhammad) bukanlah seorang yang bakhil untuk menerangkan yang gaib.

81:25. Dan Al Qur’an itu bukanlah perkataan setan yang terkutuk,

81:26. maka ke manakah kamu akan pergi?

81:27. Al Qur’an itu tiada lain hanyalah peringatan bagi semesta alam,

81:28. (yaitu) bagi siapa di antara kamu yang mau menempuh jalan yang lurus.

81:29. Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan semesta alam.

 

            Subhanallah, Maha Benar ALLAH dengan segala firman-Nya…

 

            Itulah jawaban pemateri dan moderator pun menambahkan bahwa memang belum ada dan tidak akan pernah ada ayat Al Quran yang menerangkan secara eksplisit tentang Al Quran(Wallahu’alam Bishawab).

 

            Adapun teman saya(ukhti Betha), mengatakan jawaban dari segi yang lain yaitu tentang adanya ilmuwan Islam yang sangat berjasa dalam proses penciptaan komputer secara tidak langsung, yaitu Al Khwarizmi , ilmuwan yang menemukan angka 0. Ya, komputer dengan segala kehebatannya ternyata hanya memiliki 2 kunci, yaitu angkan 0 dan 1 (bilangan biner pada bahasa mesin).

 

            Jawaban di atas semuanya menarik. Saya mengambil kesimpulan adalah begitu tingginya ilmu dan akal dalam agama yang sempurna ini, begitu banyak ayat yang menyatakan tentang 2 hal ini. Ayat-ayat ALLAH hanya akan menjadi petunjuk bagi orang yang mempunyai akal sebagaimana firman-Nya QS. Ali Imron : 7

”Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal”

Jadi, komputer juga merupakan salah satu hasil ilmu pengetahuan yang harus kita pelajari dengan baik(khususnya dibidang saya), karena dengan itu insya ALLAH kita dapat memaknai beberapa ayat yang saya sebutkan di atas. Tentunya kita masih dan akan selalu ingat firman ALLAH dalam QS. Al-Mujadilah : 11 tentang keistimewaan orang-orang yang berilmu.

 

            Insya ALLAH dilain kesempatan saya akan mencoba menguraikan tentang ”Ilmu” dari sudut pandang kitab tercinta kita, Al Quranul Karim. Afwan jiddan kalau banyak kesalahan yang terulis dalam artikel ini, sesungguhnya kesalahan itu datang dari keterbatasan pemahaman dan ilmu yang saya miliki. Adapun kebenaran yang ada pastinya hanya berasal dari Yang Maha Benar.(Hehehe, kayak ceramah aje!!!)

Kamarku tercinta, 20 Mei 2008,

ditengah sibuknya memikirkan proyek akhir Pemrograman 2 yang tinggal 8 hari lagi,,Ya ALLAH kuatkanlah hamba-Mu ini..Laa Haula Wala Quata illa Billah..HAMASAH!!!

6 thoughts on “Adakah Al Quran berbicara tentang komputer??

  1. kalau secara tersurat al qur’an tidak ada tentang komputer.
    Kita lihat komputer bekerja dengan sistem biner (0 dan 1), nol (0) untuk lagika salah dan satu (1) untuk logika benar. Allah menyuruh kita bertaqwa (menjalankan perintah berarti benar dan menjauhi larangan berarti salah. Ini menunjukkan bahawa di dunia ini hanya ada dua opsi salah atatu benar tidak ada di tengah-tengahnya. Di akhirat nanti cuma ada bahagia dan sengsara, surga dan neraka.
    betul gak…..?
    http://suprix.blogdetik.com/index.php/2008/05/21/indonesia-potret-masyarakat-sakit

  2. SUBHANALLAH
    MAHA AGUNG YANG MENURUNKAN AL-QUR’AN
    ALLAH SWT….

    YA ALLAH….
    BERI AKU CAHAYAMU,UNTUK TERANGI LANGKAHKU

    PIPIT SEMANGAT YA BLOGGINNYA!!!

  3. memang benar apa yang ada di dalam alquran, itu hanya ada dua opsi, benar atau salah, syurga atau neraka, dilarang atau dibolehkan, dan sebagainya. kesemuanya itu membuat kita sebagai umatnya harus memilih satu diantara dua pilihan tersebut. bahkan dalamistilah fiqh pun kita dianjurkan untuk meninggalkan yang ragu-ragu, tapi kerjakan yang mempunyai keyakinan benar. komputerpun seperti itu, kalau tidak benar yah berarti salah tidak ada pilihan lain. demikian. afwan….

  4. Asalamu alaikum. Subhanallah. Terima kasih tulisanya, bermanfaat buat saya untuk referensi menguatkan apa yg saya ragukan. Yg namanya petunjuk itu abu2, diberikan agar kita berpikir, para pemikir Insya Allah nanti menjadi beriman. Semoga berkah. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s